Paseban Web Version

Cara Membuat Silsilah Keluarga dengan Mudah Melalui Aplikasi Android Ini

Wednesday, 25 July 2012 20:00
Cara Membuat Silsilah Keluarga dengan Mudah Melalui Aplikasi Android Ini

Apakah Anda tahu silsilah sejarah keluarga secara lengkap? Mungkin banyak dari Anda yang mengetahui hanya 3 sampai 4 generasi sebelum Anda saja. Jadi bagaimana Anda bisa mengetahui jika ternyata Anda memiliki garis keturunan yang hebat di mana salah seorang nenek moyang Anda mungkin telah menyumbangkan jasa-jasanya untuk Negara ini.

Nah, jika Anda ingin mengenal lebih jauh mengenai sejarah seluruh keluarga Anda maka ada baiknya Anda mengunduh satu dari beberapa aplikasi sejarah keluarga berikut, aplikasi ini juga membantu Anda untuk mengetahui cara membuat silsilah keluarga dengan mudah:

Ancestry

Aplikasi pertama untuk membantu Anda mengenal lebih jauh mengenai silsilah keluarga Anda adalah Ancestry dari Ancestry.com. Aplikasi ini akan membantu Anda menempatkan segala informasi yang Anda dapatkan mengenai silsilah beserta informasi penting dari keluarga. Anda bisa mendapatkan informasi silsilah keluarga mulai dari cerita orang tua atau kakek-nenek Anda, barang antic yang dimiliki keluarga, atau dari perpustakaan setempat. Ancestry memiliki beberapa fitur seperti:

  • Membangun pohon keluarga.

  • Menambah dan memperbaharui susunan silsilah keluarga dengan mudah.

  • Kalkulasikan hubungan antara Anda dan nenek moyang Anda.

  • Menampilkan foto dan rekaman yang tersimpan di pohon keluarga Ancestry.

  • Pengaturan navigasi naik-turun silsilah keluarga Anda.

  • Upload foto dan tags keluarga Anda.

Ancestry bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan membutuhkan OS Android 2.1 atau yang diatasnya untuk dapat menggunakannya.

Gedstar Pro Genealogy Viewer

Mengetahui silsilah keluarga tidak hanya berguna untuk mengetahui siapa-siapa saja yang ternyata memiliki hubungan dengan keluarga Anda tetapi juga untuk urusan kesehatan. Karena dengan mengenal silsilah keluarga akan memudahkan untuk pencarian donor jika ada anggota keluarga yang sakit. Dengan bantuan Gedstar Pro Genealogy Viewer, Anda bisa mendapatkan sebuah aplikasi pembuat pohon keluarga yang kaya fitur.

Gedstar Pro bekerja dengan program Genealogy yang berada di Komputer PC untuk menunjukkan silsilah keluarga secara lengkap. Data-data mengenai silsilah keluarga dapat di konversi langsung dari "The Master Genealogy” dan "Legacy Family Tree” atau dari GEDCOM file. Apliakasi ini memiliki beberapa fitur utama seperti:

  • Menampilkan data berupa catatan kecil, foto, sumber informasi, acara-acara dari keluarga Anda.

  • Tersedia empat macam tampilan: Personal Details, Family Group, Ancestor Tree, dan Descendant Tree.

  • Menu navigasi naik-turun dan pencarian.

Untuk diperhatikan, Gedstar Pro membutuhkan program konversi Windows terpisah tetapi jangan khawatir karena program konversi ini juga tersedia di situs resmi GHCS Software. Dan jika Anda bingung bagaimana menjalankan aplikasi ini, sebuah sample data telah disertakan sehingga Anda dapat menyusun silsilah keluarga Anda dengan baik. Aplikasi ini bisa diunduh dengan gratis di Google Play Store dan membutuhkan OS Android 2.1 atau diatasnya untuk dapat menginstallnya.

My Heritage

Pepatah yang mengatakan kalau "Dunia ini memang kecil” mungkin ada benarnya karena tanpa kita sadari ketika kita berada di suatu tempat, Kita bisa bertemu dengan seseorang yang ternyata memiliki hubungan keluarga dengan Anda.

Melalui pertemuan semacam ini bagi Anda yang sedang atau ingin menyusun pohon keluarga, informasi semacam ini sangatlah berharga. Semua informasi silsilah keluarga yang Anda kumpulkan bisa Anda susun dengan bantuan aplikasi My Heritage dari Piod Song. My Heritage memiliki beberapa fitur seperti:

  • Mengatur informasi pribadi dan keluarga.

  • Membuat pohon keluarga dari informasi yang dikumpulkan.

  • Backup dan restore data.

  • Fitur Widget dan alarm perayaan tahunan seperti ulang tahun.

  • Penghitung waktu mundur untuk hari-H.

My Heritage tersedia dalam berbagai bahasa seperti Inggris, Jepang, Korea, Polandia, Ceko, Rusia, Spanyol dan Cina namun sayangnya Bahasa Indonesia belum tersedia di aplikasi ini. Aplikasi sejarah keluarga ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan membutuhkan OS Android 1.6 atau di atasnya untuk dapat menggunakannya.

Family Bee

Aplikasi silsilah keluarga terakhir adalah Family Bee dari Beekeeper Labs. Sama seperti ketiga aplikasi sebelumnya, Family Bee juga menawarkan jasa pembuatan pohon keluarga secara cepat dan mudah. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur penting seperti:

  • Menghadirkan informasi keluarga dan individu seperti hari ulang tahun angota keluarga.

  • Pohon silsilah keluarga yang akan memberikan Anda informasi daftar nenek moyang Anda.

  • Menambahkan catatan kecil dan mengupload foto di pohon keluarga.

  • Bisa menyimpan hingga 20 MB data atau sekitar 65,000 nama.

Family Bee bisa Anda nikmati secara gratis selama 2 minggu (trial version) di Google Play dan setelah itu Anda diwajibkan membeli full versionnya sekitar $10.00 untuk dapat tetap menikmatinya. Aplikasi ini bisa berjalan di OS Android 1.5 atau di atasnya. [FJ]