Paseban Web Version

Tutorial Cara Flash Samsung Young Odin, Simak dan Perhatikan Step by Stepnya

Friday, 14 June 2013 21:00
Tutorial Cara Flash Samsung Young Odin, Simak dan Perhatikan Step by Stepnya

Bila sistem pada ponsel Android sedang tidak stabil, sering error atau sering lag, biasanya dilakukan flashing untuk memperbaiki sistem Android. Proses ini dilakukan bukan hanya untuk memperbaiki sistem dikarenakan error atau lag saja, tetapi juga bisa dilakukan karena ingin menambah perfoma dari sistem Android itu sendiri. Cara flash pada tiap ponsel memiliki cara yang berbeda-beda, kali ini akan dibahas cara flash Samsung Young.

Cara flash Samsung Young ini memakai tool yang bernama Odin. Kenapa harus memakai tool ini? Karena tool Odin memang dikhususkan untuk pengguna ponsel merk Samsung dan sistem tool ini memakai file dengan ekstensi md5 dan terkadang terbagi menjadi tiga jenis yakni CSC, MODEM, dan PDA.

Proses flashing di sini lebih merupakan suatu proses instalasi ulang sistem Operasi (OS) yang bermanfaat atau berfungsi untuk memperbaiki sofware jika ada masalah dan bisa juga untuk downgrade atau upgrade OS. Proses flashing sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara di antaranya via tool Odin, OTA atau memperbaiki OS langsung dari handset, via PC Suite yang biasanya sudah disediakan oleh vendor, PC suite bisa didownload dari situs resmi vendor atau bisanya disertakan DVD driver pada paket pembelian ponselnya.Dan berikut ini adalah cara flash Samsung Young dengan menggunakan tool Odin.

Persiapan

Anda harus mempersiapkan beberapa hal yakni sebuah perangkat  ponsel Galaxy Young, kabel Data USB, ROM (bisa didownload di sini), Driver (bisa didownload di sini), dan Odin versi 1.85 (bisa download di sini).

Instalasi dan Ekstrak File Odin

Setelah Anda berhasil mendownload file-file pada langkah persiapan untuk melakukan cara ini, Anda harus melakukan instalasi driver di  perangkat PC atau laptop Anda. Kemudian lakukan ekstrak file ROM dan Odin di drive manapun yang diinginkan (tidak harus dalam satu drive, hal ini bisa terserah Anda ). Tetapi yang perlu diperhatikan adalah pada saat Anda melakukan proses ekstrak file Odin, Anda disarankan untuk mematikan aplikasi atau software antivirus (seperti software Avira) karena biasanya software antivirus mengenali file Odin tersebut sebagai virus.   

Fase Eksekusi

Setelah proses instalasi driver dan ekstrak file Odin berhasil sukses, Anda bisa lanjutkan cara berikutnya dengan membuka file Odin ( Odin versi 1.84 ) yang telah diekstrak tadi. Kemudian isi file-file ROM ke tempatnya masing-masing (CSC, MODEM, PDA), seperti file CSC di tombol CSC, file MODEM di tombol PHONE, dan file PDA di tombol PDA. Untuk yang lainnya tidak perlu diisi atau kosongkan saja.

Langkah selanjutnya adalah menyambungkan ponsel dengan perangkat laptop atau PC dalam kondisi Download Mode. Caranya Anda harus mematikan terlebih dahulu ponsel kemudian tekan tombol power + volume down + tombol home secara bersama-sama, maka akan keluar atau muncul tampilan warning dan Anda tekan saja tombol volume up untuk instruksi melanjutkan proses eksekusi.

Begitu menekan tombol volume up di atas, akan muncul tampilan Download Mode kemudian tancapkan atau sambungkan kabel USB dari ponsel ke laptop atau PC. Kemudian tunggu tampilan kotak berwarna kuning muncul, bila sudah muncul itu berarti ponsel Anda siap diflash hanya dengan menekan tombol start pada kotak kuning yang muncul tadi, maka proses flashing akan berjalan dan Anda tunggu sampai keluar tulisan PASS pada Odin versi 1.84 pada ponsel dan laptop/PC Anda. Selamat mencoba!